Tata cara menghubungi dosen dengan whatsapp

Picture by : https://coconuts.co

Menjadi mahasiswa baru pastinya membuat kamu senang dan sekaligus bimbang. Pasalnya tak sedikit mahasiswa baru yang masih ragu dengan apa yang harus dilakukan pada awal perkuliahannya. Oleh karena itu salah satu orang yang bisa memberikan arahan pendidikan selama kuliah adalah dosen pembimbing akademik.

Selain menemuinya secara langsung biasanya dosen memberikan pilihan untuk membuat janji via whatsapp. Tapi sampai saat ini kamu masih bingung bagaimana sih etika yang tepat ketika ingin menghubungi dosen pembimbing akademik?  

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut etika yang harus dilakukan mari simak ulasan berikut.

Pastikan Menghubungi Di Waktu yang Tepat

Pasti banyak di antara kamu yang menghubungi dosen tanpa mementingkan kapan waktu yang tepat. Waktu yang etis untuk menghubungi dosen dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 16.00. Hal ini dikarenakan dosen masih mengemban tugasnya dan masih berada di kampus. 

Hindari menghubungi di hari libur, waktu istirahat atau bahkan tengah malam. Jangan sampai dosen merasa terganggung dengan pesan yang kamu kirimkan tersebut. 

Selalu Beri Salam sebagai Ucapan Pembuka

Untuk memberikan kesan yang sopan dan menghormati sebaiknya kamu menyematkan salam pada ucapan pembuka. Hal ini akan membuat dosen merasa dihargai dan senang ketika membaca pesan darimu. 

Permintaan Maaf Telah Menyita Waktu 

Salah satu etika yang jarang dilakukan mahasiswa adalah meminta maaf karena telah menyita waktu sang dosen. Walaupun terlihat aneh, tapi hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu mahasiswa yang santun. 

Perkenalkan Data Diri dengan Baik

Setelah mengucapkan salam, dan meminta maaf hal yang harus kamu lakukan adalah memperkenalkan diri bahwa kamu seorang mahasiswa baru, sekaligus mahasiswa bimbingannya. Jangan lupa untuk menyebutkan nama terlebih dahulu di awal perkenalan. 

Walupun kamu sudah pernah menghubunginya, pastikan kamu untuk selalu menyertakan perkenalan diri ini. Dikarenakan tidak semua dosen akan menyimpan nomer mahasiswanya. 

Menghubungi dosen via whatsapp

Picture by : https://www.asiaone.com

Sampaikan Tujuan dengan Singkat, Jelas dan Menggunakan Bahasa yang Formal

Sekarang saatnya untuk menyampaikan tujuan utama mengapa menghubungi sang dosen. Lakukan hal ini langsung pada intinya namun menggunakan bahasa formal dengan kalimat yang singkat, jelas dan mudah dimengerti. 

Sebisa mungkin hindari penulisan kata yang disingkat, karena dosen akan menganggap kamu kurang sopan jika melakukannya. 

Dari beberapa urutan etika menguhubungi dosen di atas, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengucapkan terima kasih dan menyematkan salam penutup. Ingat! Hindari untuk mengirim pesan berulang kali. Dosen mungkin memiliki alasan khusus mengapa tidak membalas pesanmu dengan cepat.