bullying min 1

Picture by: https://new-indonesia.org/

Semakin berkembangnya zaman permasalahan bullying di sekolah tidak pernah memiliki ujung yang baik. Kamu yang bertugas sebagai guru, memiliki peran penting yang dapat menekan angka bullying yang terjadi di sekolah. 

Bullying di sekolah bisa terjadi dalam bentuk omongan atau ucapan kasar yang terlontar, ancaman kekerasan bahkan hingga pelecehan seksual. Untuk itu beberapa cara berikut bisa kamu gunakan untuk memberi pemahaman secara perlahan terhadap murid-murid yang berada di sekolah.

Jadilah Guru yang Peka dan Responsif

Selain memberikan pembelajaran di sekolah, guru juga mengemban tugas sebagai orang tua kedua. Sehingga jika terjadi sedikit saja tindakan yang berbau perundungan maka kamu lah yang diharuskan untuk peka dan memberikan pengertian perlahan sebelum terlambat. 

Kamu juga bisa langsung turun tangan dengan cara meminta klarifikasi dari pelaku, korban dan beberapa saksi. Setelah mengetahui sumber dari masalahnya kamu bisa memberikan sanksi yang telah ditetapkan oleh sekolah. 

Biasakan Memberikan Metode Pembelajaran dengan Berkelompok 

Salah satu cara untuk murid dapat mengenal satu sama lain dengan lebih dekat adalah dengan memberikan metode pembelajaran secara berkelompok. Dengan begitu, murid-murid mau tidak mau akan melakukan kolaborasi yang lambat laun akan membuatnya saling akrab. 

Tapi ingat, bullying bahkan bisa terjadi dalam kelompok kecil ini lho. Kamu tidak diperbolehkan lengah dan diwajibkan untuk selalu memantau setiap kinerja masing-masing anggota dalam kelompok. Jangan jadikan pembelajaran kelompok ini malah menjadi momen empuk untuk pelaku bullying.

bullying 2 min 1

Picture by: https://www.positiveparentingsolutions.com/

Menjadikan Bullying Sebagai Hot Topics di Sekolah

Dengan menjadikan perundungan sebagai topik segar di sekolah, maka akan membuat nyali sang pelaku menciut. Hal ini dikarenakan banyak sekali anggota sekolah baik murid hingga guru yang kontra dengan perundungan. 

Selain itu, yakinkan setiap murid untuk selalu melaporkan sekecil apa pun tindakan bullying ini kepada guru. Jadikan bullying sebagai peraturan paten yang harus dihindari, dan tetapkan sanksi cukup berat untuk pelaku yang melakukannya. 

Mintalah Bantuan Orang Tua Pelaku Maupun Korban 

Terkadang anak yang menjadi korban adalah pihak lemah yang takut terhadap berbagai ancaman sang pelaku. Oleh karena itu, cobalah untuk meminta bantuan orang tua kedua belah pihak untuk ikut menyelasaikan permasalahan ini. 

Orang tua pelaku adalah orang yang pertama harus diberitahu bahwa sang anak memiliki masalah perundungan yang mengakibatkan berbagai pihak resah. Dengan begitu orang tua juga dapat mengerti dan bisa mengambil langkah yang tepat untuk memberi pengertian pada si pelaku. 

Bullying atau perundungan bukanlah hal yang bisa dianggap wajar. Semua yang di awali dengan perundungan ini bisa mengakibatkan kejahatan besar di kemudian hari. Oleh karena itu, segera atasi dan jangan biarkan siapa pun merasa pantas untuk melakukan bullying.