Rumah tangga

Picture by: https://humairoh.com/

Apakah kamu dan pasangan sangat sibuk bekerja atau beraktivitas sendiri-sendiri? Ataukah kamu atau pasangan lebih suka menghabiskan waktu dengan smartphone daripada berkomunikasi face to face? Jika jawabannya iya, maka stop! Banyak hal sepele yang dilakukan setiap harinya tapi sebenarnya sangat berbahaya apabila diteruskan karena dapat merusak hubungan.

Memang ada faktor-faktor tertentu yang membuat pasangan berhenti berkomunikasi secara intens. Mulai dari capek karena aktivitas sehari-hari dan ingin me time sampai dengan mulai bosan. Ya memang tidak dapat disalahkan karena semua rasa itu adalah manusiawi. Hanya saja menjaga hubungan tetap dalam prioritas teratas adalah lebih penting dari segalanya ketika ikatan perkawinan tersebut sudah terjalin.

Berikut ini adalah beberapa hal sehari-hari yang cukup umum tapi sebenarnya dapat merusak hubungan.

Intensitas Komunikasi Berkurang Drastis

Menurut banyak riset dan juga survei yang dilakukan berbagai organisasi, badan atau juga media tertentu, menyebutkan bahwa komunikasi menduduki peringkat pertama sebagai penyebab hancurnya sebuah hubungan. Ketika dua orang sudah jarang sekali menjalin komunikasi secara intens, maka masalah kecil saja bisa berakibat pertengkaran besar. Bahkan tidak dapat dipungkiri bahwa masalah pada komunikasi ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya perceraian. 

Pertengkaran dan perceraian tersebut dapat terjadi karena kedua belah pihak sudah tidak dapat membicarakan dan menyelesaikan masalah yang membelit dengan kepala dingin. Alih-alih mengambil langkah yang lebih tenang, rata-rata justru akan menaikkan ego masing-masing.

Membanding-bandingkan dengan Orang Lain

Tidak ada seorang pun di dunia yang suka dibanding-bandingkan dengan orang lain. Bahkan dengan saudara sendiri pun juga tidak ada yang menyukainya. Ketika kamu mulai membandingkan pasangan dengan orang lain, maka akan ada banyak alasan terciptanya konflik. Oleh karena itu, daripada membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain, kenapa tidak mencoba memperbaiki diri sendiri dan juga menerimanya sepenuhnya?

Rumah tangga 2

Picture by: https://res.cloudinary.com/

Terpengaruh Acara TV

Jika kamu tanpa sadar telah membentuk gambaran yang tidak realistis di kepala tentang romansa yang ditampilkan di acara-acara televisi, maka hentikan hal tersebut segera. Hal itu cukup riskan untuk diteruskan karena dapat mengancam keharmonisan rumah tanggamu. Penelitian menunjukkan bahwa semakin kamu percaya pada kisah cinta dalam film dan serial, hubunganmu dengan pasangan akan semakin terasa hambar karena kamu merasa tidak sebagus atau semenarik di layar kaca.

Kecanduan Smartphone

Memang tidak ada masalah dengan menggunakan smartphone dalam keseharian. Tapi menjadi masalah ketika kamu atau pasangan sudah mulai kecanduan akan barang tersebut. Ketika seseorang sudah kecanduan perangkat mobile, maka dia akan lebih suka untuk berlama-lama menghabiskan waktunya di depan layar smartphone daripada berkomunikasi dengan pasangan atau anak. 

Bahkan tidak sedikit perceraian yang duduk permasalahannya dimulai dari perangkat telekomunikasi portabel itu. Mulai dari lebih gemar bersosial media, lebih senang browsing atau menonton video-video di internet sampai dengan kegemaran melakukan chatting dengan orang lain via smartphone adalah awal di mana hubungan antar-pasangan menjadi runtuh.

Ketika kamu atau pasangan mulai merasakan bahwa hubungan kalian tidak beres. Maka atur jadwal bertemu dan bicarakan berdua. Utarakan apa yang ingin diutarakan. Buat kesepakatan dan jalin kembali hubungan itu.