persahabatn

Picture by: https://blue.kumparan.com/

Pasti sedih ya, rasanya kalau harus berpisah dengan sahabat terbaik. Apalagi kalau hubungan sudah terjalin selama belasan tahun lamanya. Tapi tak bisa dipungkiri, kondisi bisa saja membuat kalian terpisah, entah itu karena kamu pindah rumah atau sang sahabat yang harus pergi ke negara lain untuk mengikuti pasangannya. Jangan khawatir, ada banyak cara kok yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan persahabatan agar tetap langgeng!

Tetap Get In Touch Via Medsos

Ada banyak cara untuk tetap bertegur sapa dan terhubung dengan teman di saat seperti ini, salah satunya dengan menggunakan media sosial. Kamu bisa saling memberikan komentar untuk unggahan-unggahan temanmu atau saling mengomentari di kolom komentar untuk setiap foto atau video yang diupload atau sebagainya. Intinya, tetaplah terhubung dengan teman melalui media apapun.

Saling Berkabar

Sebelum berpisah, mungkin kamu dapat dengan mudah mengetahui kabar teman atau sahabatmu dengan cara sharing cerita kala nongkrong bareng atau sejenisnya. Jangan hilangkan hal tersebut. Kamu tetap dapat melakukannya dengan cara telepon, saling berkiriman pesan atau juga berbagi melakukan video call melalui smartphonemu. 

Mengirim Bingkisan atau Hadiah

Walaupun bukan momen spesial, seperti ulang tahun contohnya, akan tetapi tidak berarti kamu dilarang memberikan bingkisan atau hadiah. Agar pertemanan tetap terjaga dan semakin erat walaupun terpisah jarak dan waktu, kamu bisa mengirimkan bingkisan mungil atau hadiah sederhana kepada teman atau sahabatmu itu. Dengan melakukannya, itu sudah menjadi bukti bahwa kamu tetap care dengannya biarpun belum dapat bertemu untuk sekarang ini.

sahabat

Picture by: https://ik.imagekit.io/

Berkomunikasi Secara Berkelompok

Dengan semakin canggihnya peralatan teknologi, kamu dapat melakukan komunikasi langsung dengan banyak orang sekaligus. Tidak hanya hanya sebatas tulisan saja, kamu juga dapat membuat grup video. Ada banyak software atau aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk hal ini. Manfaatkanlah! 

Ingat Tanggal dan Momen Penting

Tentunya jika pertemanan atau persahabatan sudah lama, maka kamu juga pastinya tahu hari ulang tahun setiap teman atau sahabatmu itu, kan? Nah, jangan lupakan hal tersebut. Buatlah tetap spesial ketika hari itu tiba. Ucapkan atau kalau bisa buat surprise dalam bentuk apa saja agar momennya menjadi tetap spesial.

See? Jarak bukan alasan hancurnya hubungan persahabatan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga hubungan satu sama lain. Nanti saat ada waktu dan kesempatan, pergunakan untuk bertemu kembali dan melepas kerinduan!