stress 3

Picture by: https://www.wowkeren.com/

Pekerjaan kantor menumpuk, pulang ke rumah kondisi berantakan, anak rewel minta diajak main, suami masih lembur sehingga tak bisa menemani, duh membayangkannya saja langsung stres, ya. Hati-hati Ladies, stres yang tak kunjung mereda bisa mempengaruhi kehidupanmu secara keseluruhan. Maka dari itu, segera atasi dengan tips manajemen stres berikut ini:

Mengembangkan dan Memperkaya Hubungan Interpersonal

Menurut penelitian, hubungan interpersonal dengan sesama dapat menjadi salah satu penekan timbulnya stres. Kamu dapat mempererat hubungan dengan teman, rekan atau saudara , atau juga dapat memulai membuka diri berkenalan dengan orang baru. Kamu dapat berbagi cerita, pengalaman, melakukan aktivitas bersama dan banyak lagi lainnya. Hanya saja, hindari orang-orang yang toxic dan tidak pernah memberikan feedback baik kepadamu.

Bersih-bersih

Untuk atasi stres, kamu dapat memulainya di sekitar tempat tinggalmu, seperti salah satunya dengan bersih-bersih. Buang semua barang atau peralatan yang usang dan tidak digunakan, kertas-kertas, buku, koran lawas, menata ruangan kembali dan banyak lagi yang dapat dilakukan. Dengan bebersih seperti ini, maka fokus kamu akan teralihkan dan tidak lagi memikirkan hal yang dapat membuatmu stres itu.

Buat Catatan

Saat stres melanda, maka buatlah catatan! Ya, kamu dapat meluapkannya melalui coretan di kertas atau buku. Tuliskan semua yang membuatmu khawatir atau masalah yang sedang dihadapi beserta daftar solusi yang mungkin dapat diambil. Dengan mencurahkan semuanya melalui tulisan tersebut maka dapat membuat perasaan menjadi rileks.

Manjakan Diri dengan Pijatan

Siapa bilang pijat itu hanya untuk orang yang terkilir atau capek-capek saja? Kamu dapat pergi ke pusat pijat untuk dapat meredakan segala kekakuan otot dan juga dapat membuat tubuh rileks. Ketika tubuh rileks, maka secara otomatis produksi serotonin akan meningkat dan hormon bahagia juga naik. Bahkan, dengan pijatan tersebut dapat membuat detak jantung lebih stabil dan dapat menurunkan tekanan darah.

manjakan stress

Picture by: https://imgcdn.mommiesdaily.com/

Sisihkan Waktu untuk Bersantai

Percaya atau tidak, tubuhmu memiliki hak sendiri, lho. Hak yang dimaksud adalah hak untuk beristirahat dan menjadi rileks. Oleh karenanya, setidaknya setiap minggunya sediakan waktu satu sampai 2 hari untuk dapat kamu gunakan beristirahat dan bersantai. Tidak harus pergi ke tempat jauh atau hal-hal yang dapat menguras kantong, kamu dapat bersantai dengan membaca buku, mendengarkan musik dan segala hal yang menenangkan tanpa harus terganggu oleh masalah pekerjaan, percintaan atau apapun lainnya.

Selain itu, perbanyaklah tertawa! Ketika kamu tertawa, maka produksi hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat. Hormon satu ini selain dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang, juga dapat mengurangi rasa sakit. Efek lain dari tertawa adalah dapat memberikan stimulasi pada jantung, paru-paru dan sistem imun. Semangat Ladies!