kaka tingkat min

Picture by: https://img.okezone.com/

Memiliki banyak teman adalah salah satu hal yang menyenangkan. Sebagai makhluk sosial tentunya kamu akan sangat bersyukur jika memiliki teman yang saling support. Tentu saja kegiatan saling support ini tidak hanya berlaku untuk teman kamu yang sebaya. Bahkan jika kamu berteman dengan kakak tingkat yang memiliki usia lebih tua beberapa tahun darimu jauh akan lebih bermanfaat lho. 

Oleh karena itu, jangan jadikan umur sebagai batasan untuk berteman. Semakin banyak kamu mendapatkan teman di jenjang usia yang beragam maka akan semakin banyak pula pengalaman atau informasi-informasi yang bisa kamu dapatkan. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari berteman dengan kakak tingkat, yuk mari simak ulasan berikut. 

Mendapatkan Bayangan dan Arahan Pengalaman Masa Depan

Siapa sangka bahwa memiliki teman yang berusia lebih tua darimu akan memberikan banyak sekali pandangan baru mengenai pengalamannya yang mungkin belum pernah kamu temui. Pengalaman-pengalaman ini bisa kamu jadikan bekal untuk mempersiapka diri menghadapi masa yang akan mendatang. 

Tidak ada salahnya kan memiliki bayangan mengenai masa depan agar kamu bisa merancang sedikit demi sedikit tujuan di kemudian hari.

Memberikan Gambaran dari Sudut Pandang yang Berbeda

Mungkin kamu dan teman sebayamu akan memiliki pokok permasalahan yang hampir sama. Sehingga kamu tidak menemukan jawaban dari sudut pandang yang berbeda. Tapi, hal ini akan berbeda jika kamu menceritakan permasalahan dalam hidupmu kepada teman yang memiliki usia lebih tua. 

Sebagian besar kakak tingkatmu juga akan mengalami masalah yang sama denganmu ketika dia berada di usia sama sepertimu saat ini. Hal ini akan memberikan gambaran solusi yang berbeda dari sudut pandangnya. Tentu saja ini akan memperluas pola pikirmu dan membuat pengalamannya menjadi pembelajaran baru untuk mendapatkan solusi dari permasalahanmu sekarang.

kakak tingkat min

Picture by: https://rekomenspot.id/

Terhindar dari Pertemanan yang Penuh Drama

Emosi setiap orang yang berada pada usia yang sebaya biasanya berada pada level yang setara. Hal ini juga berlaku untuk kamu dan teman sebayamu. Jadi mungkin saja, ketika kalian berhadapan dalam sebuah pertikaian maka tidak akan pernah ada solusi dan hanya berakhir dengan drama perkepanjangan. Semua ini dikarenakan ego kalian yang tidak mau dikalahkan satu sama lain.

Berbeda halnya jika kamu berteman dengan kakak tingkat, ketika kalian dihadapkan pada sebuah permasalahan. Bisa jadi kakak tingkatmu lebih memilih untuk diam dan menenangkanmu karena dia berpikir bahwa ego yang ada pada dirimu masih belum stabil.

Banyak sekali keuntungan yang sebenarnya bisa kamu dapatkan dari berteman dengan orang yang memiliki usia lebih tua. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertukar pikiran dengannya karena ini akan memberikan kamu wawasan baru yang mungkin saja lebih rasional dan solutif.