Yuk Intip Tips Membawa Oleh oleh untuk Tetangga

Picture by : https://www.myfrugalchristmas.com

Tradisi tukar oleh-oleh antar tetanggga untuk mempererat tali silaturahmi merupakan hal yang baik untuk terus dilakukan. Momen oleh-oleh ini terjadi biasanya ketika adanya hari besar seperti lebarang Idul Fitri, Natal, Nyepi dan lain sebagainnya.

Tapi tentunya kamu juga harus memikirkan oleh-oleh seperti apa yang akan dibawa untuk tetangga. Sehingga kamu memerlukan tips dan trik untuk memilih oleh-oleh berikut.

Oleh-oleh Khas Daerah

Makanan atau benda khas daerah ketika pulang kampung bisa menjadi salah satu oleh-oleh utama yang harus dipikirkan. Seperti misalnya Pelembang terkenal dengan pempek, Jogjakarta terkenal dengan gudeg atau bakpia pathuk, Malang terkenal dengan keripik tempe, keripik buah, Medan dengan bika ambonnya, Cirebon dengan empal gentongnya dan lain sebagainnya.

Dengan begitu kamu juga dapat melestarikan makanan khas dari kampung halamanmu.

Memilih yang Murah tapi Pantas

Mungkin kamu berpikir membelikan oleh-oleh akan menghabiskan banyak uang. Tapi kamu bisa kok memilih berbagai oleh-oleh lain dengan harga yang masih tergolong murah. Biasanya di toko khusus oleh-oleh juga mengadakan beberapa promo atau diskon yang bisa kamu manfaatkan.

Usahakan untuk mencari terlebih dahulu toko dengan harga termurah, selain akan mendapatkan banyak keuntungan kamu juga bisa menjadikannya langganan nantinya. Ingat! Walaupun murah kamu tetap harus mencari dengan bahan atau jenis makanan yang masih layak untuk dijadikan oleh-oleh ya.

Pastikan Oleh-oleh Mudah untuk Dibawa

Pergi ke luar kota bersama keluarga pastinya sudah membawa banyak sekali barang bawaan. Sehingga pastikan untuk kamu membeli oleh-oleh dengan kemasan yang praktis dan tidak memakan tempat.

Selain itu pilihlah oleh-oleh dengan packaging yang bagus, packaging yang baik menunjukkan produk di dalamnya juga dalam kondisi baik pula. Hal ini penting sebagai penilaian pertama tetangga ketika menerima oleh-oleh tersebut.

Yuk Intip Tips Membawa Oleh oleh untuk Tetangga

Picture by : https://www.neighborforneighbor.org/

Pastikan Memilih Oleh-oleh Untuk Semua Umur dan Gender

Pemilihan oleh-oleh yang universal ini penting untuk menghemat jumlah dan jenis barang yang nantinya akan dijadikan oleh-oleh. Misalnya ketika tetanggamu memiliki banyak anggota keluarga dengan berbagai rentang usia dan gender maka pastikan untuk membelikan oleh-oleh yang bersifat umum seperti gantungan kunci atau makanan ringan.

Selain empat hal di atas kamu juga harus memastikan bahwa oleh-oleh yang kamu bawa tidak mudah basi. Pastikan untuk membeli oleh-oleh dengan expired date minimal 3-4 hari, sehingga tetap aman ketika dibawa dalam sebuah perjalanan.