laptop FILEminimizer

Memiliki sebuah notebook yang menunjang aktifitas pribadi atau kerja Anda dikantor tentu menjadikan alat ini sangat penting. Bukan berarti notebook yang terlihat sehat saat digunakan dalam keadaan benar-benar sehat dan bersih, maka melakukan perawatan notebook secara regular sangat penting agar bertahan lama atau awet. Perawatan yang dilakukan tentunya harus benar-benar tepat, agar tidak merusakan komponen pada notebook yang diakibatkan dengan perawatan yang tidak tepat.

Mengapa Anda perlu melakukan perawatan pada notebook? karena pastinya performa laptop akan menurun seiring aktifitas penggunannya. Maka melakukan perawatan pada notebook dengan tepat adalah hal yang tepat untuk tetap mempertahankan performa notebook.

Berikut adalah cara yang tepat untuk melakukan rutinitas perawatan notebook yang selalu Anda gunakan.

Membersihkan debu yang menempel pada notebook

Jika debu menempel pada notebook maka akan membuatnya mudah panas karena bagian kipas tertutupi oleh debu dan akibatnya mengurangi kinerja dan umur. Untuk membersihkan debu pada notebook, Anda bisa membuka casingnya dan mengeluarkan debu. Selain itu, gunakan kain lembab untuk mengelap bagian casing. Selain itu jangan lupakan untuk mengelap bagian display pada notebook.

Selain itu debu yang menempel dapat menyumbat kipas pendingin dan keyboard Anda. Jadi, Anda juga harus membersihkan bagian tersebut. Setelahnya jangan abaikan untuk membersihkan bagian port dan celah-celah pada laptop atau desktop.

Jangan menutup ventilasi udara pada lubang-lubang notebook

Seperti halnya manusia, mesin juga perlu bernafas. Jadi, jangan menghalangi lubang angin, yang bertujuan untuk memastikan notebook Anda dapat tetap cukup dingin untuk bekerja dengan baik.

Jauhkan makanan & minuman dari notebook

Jangan makan dan minum di atas laptop atau desktop Anda karena konsekuensinya serius. Misalnya, keyboard Anda dapat terkena tumpahan air atau makanan yang bisa menembus casing dan merusak perangkat hardware. Hal ini akan menyebabkan komponen hardware pada notebook menjadi korosi.

Jangan terlalu lama melakukan charge baterai

Jangan biarkan perangkat notebook selalu di charge saat digunakan dan dalam kondisi baterai sudah penuh. Ini karena pengisian daya yang terus-menerus akan memperlambat kemampuan fungsi baterai. Anda dapat melakukan charging baterai kembali ketika kondisi baterai mencapai 20%.

laptop2 FILEminimizer 1

Buat cadangan file untuk data penting Anda

Sebagai pemilik notebook, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah membuat cadangan data penting yang tersimpan di disk notebook Anda. Tip ini juga merupakan bagian penting dari pemeliharaan notebook pribadi karena keruskan pada disk tidak terduga, seperti kerusakan pada piringan disk atau serangan virus yang dapat menyebabkan kehilangan data. Jadi, buat cadangan menyimpan data Anda sekarang.

Melakukan update Antivirus secara teratur

Lakukan update antivirus secara rutin pada notebook Anda. Antivirus sebagai deteksi untuk memantau sistem dari ancaman virus secara real time dan menghapusnya untuk menjaga keamanan data dan operating system pada notebook.

Anda dapat menginstal program antivirus atau anti-malware di notebook dengan free, seperti Antivirus SMADAV, AVG, dan Kypersky. Pastikan software berjalan untuk untuk melakukan pemindaian penuh terhadap virus, spyware, malware, dll.

Selalul menjalankan Windows Firewall

Windows Firewall dalam sistem operasi adalah garis pertahanan pertama melawan malware seperti virus. Itu dapat memfilter beberapa informasi dari Internet dan memblokir program yang berpotensi berbahaya dari pemasangan. Alat ini harus selalu berjalan dan sangat berguna ketika Anda menginstal aplikasi baru dari sumber pihak ketiga selain dari produsen atau pengembang.

Cukup buka Control Panel, klik Windows Defender Firewall> Aktifkan atau nonaktifkan Windows Defender Firewall dan pastikan Firewall diaktifkan.

Menghapus program yang sudah tidak dibutuhkan

Saat menggunakan notebook untuk waktu yang lama, Anda mungkin telah menginstal semua jenis program. Terkadang mungkin lupa atau tidak menyadari bahwa Anda telah menginstalnya dan ternyata program tersebut tidak pernah digunakan selama beraktifitas menggunakan notebook. Program-program ini akan memperlambat notebook Anda dari waktu ke waktu dan mengambil banyak ruang pada disk. Jadi, Anda harus menghapus program yang tidak perlu. Untuk melakukan pekerjaan ini, masuk ke Control Panel> Program dan Fitur ke daftar aplikasi. Kemudian, klik kanan setiap program untuk memilih opsi Hapus Instalasi .

Selalu Update Operating System

Salah satu cara terbaik untuk memastikan notebook dalam kondisi terbaik adalah menjaga sistem operasi Anda tetap mutakhir. Untuk sistem Windows, Microsoft selalu terus meluncurkan pembaruan dan tambalan keamanan untuk meningkatkan pengguna secara keseluruhan.

Anda dapat pergi ke Pembaruan Windows, memeriksa pembaruan yang tersedia dan me-restart notebook untuk menginstalnya. Selain itu, pastikan Anda menginstal perangkat lunak dengan driver terbaru.

Membersihkan disk secara rutin

Seiring berjalannya waktu, notebook Anda akan terisi dengan sejumlah besar informasi yang tidak perlu termasuk file sementara, thumbnail, halaman web, instalasi Windows lama, dan banyak lagi lainnya. Banyak ruang disk ditempati dan notebook yang memperlambat kinerja system.

Membersihkan disk Anda adalah tip perawatan notebook yang sangat baik. Di Windows, Anda bisa meminta bantuan Disk Cleanup. Jika Anda menggunakan Windows 10, masuk ke Pengaturan> Sistem> Penyimpanan untuk menghapus file sementara.

Membersihkan system notebook

Untuk memastikan notebook tetap cepat dan bebas sampah, Anda dapat menggunakan alat pembersih notebook untuk membersihkan beberapa file seperti cache, log, fragmen, file sementara, dll. Dari sistem Windows karena file-file ini dapat memakan banyak ruang, yang menyebabkan system melambat

Cleaner adalah salah satu alat pembersih notebook yang paling baik dan dapat membersihkan file sampah dengan sangat baik.