merawat

Hampir semua semua orang di dunia memiliki notebook atau notebook. Di dunia modern alat teknologi bernama notebook ini sangat penting dalam menunjang dunia pendidikan, bisnis, penelitian, dan fungsi lainnya. Contohnya Negara Amerika Serikat 85,1% keluarga memiliki minimal 1 notebook menurut data statistik 2016. Tentu saja, sebagai pengguna notebook, kita harus menjaga notebook dengan baik dengan cara merwatnya. Buat Anda yang awam tentang bagaimana cara merawat notebook pribadi, berikut ini adalah cara sederhana melakukan perawatan pada notebook Anda.

Selalu mengupgrade perangkat lunak di notebook

Notebook Anda akan meminta pembaruan pada perangkat lunak, maka sangatlah penting untuk memperbarui perangkat lunak. Seperti sistem operasi untuk memperbaiki bug, gangguan, dan kerentanan pada versi sebelumnya. Hal ini akan memperkuat keamanan notebook, dan beberapa notebook melakukan pembaruan otomatis.

Instal perangkat lunak antivirus

Virus notebook adalah ancaman utama bagi kesehatan notebook. Virus merusak tidak hanya program dan perangkat lunak tertentu di notebook, tetapi juga sistem Anda secara keseluruhan. Penting agar menjaga supaya virus ini tidak masuk ke notebook perlu dilakuka instal perangkat lunak antivirus yang akan mendeteksi, memblokir, dan menghilangkan semua jenis virus. Ada puluhan perangkat lunak antivirus kompetitif yang tersedia di internet.

Amankan data dengan mengggunakan cadangan file

Terkadang masalah notebook datang secara tak terduga, yang bisa disebabkan oleh misalnya serangan cyber atau pemadaman listrik. Sangatlah penting untuk mengamankan file dan dokumen Anda setiap sudah selesai melakukan menggunakan notebook. Kemudia ada dua cara untuk membuat cadangan data di notebook. Pertama, Anda dapat menggunakan penyimpanan cloud dengan mengunggah salinan file dan dokumen Anda melalui internet. Kedua adalah melalui perangkat penyimpanan eksternal. Pastikan untuk memiliki beberapa cadangan data-data yang ada dinotebook.

Menyingkirkan program yang tidak digunakan

Biasakan untuk mengumumkan NOTEBOOK Anda. Singkirkan file dan program lama yang tidak Anda perlukan lagi, dan ini akan mengurangi beban NOTEBOOK saat bekerja. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah menginstal dan menjalankan program pembersihan disk yang menghapus file sementara dan membersihkannya.

Aktifkan Firewall

Virus dapat menembus sistem notebook Anda melalui internet. Penting untuk mengaktifkan firewall di notebook Anda. Firewall bertindak sebagai gerbang atau penghalang yang menyaring data agar tidak mendapatkan akses yang tidak diinginkan ke sistem notebook. Biasanya, notebook memiliki firewall bawaan. Tetapi jika Anda ingin memperkuat keamanan, instal firewall pihak ketiga yang memberikan perlindungan internet maksimum.

Pertimbangkan memformat ulang

Jika notebook Anda benar-benar penuh dengan virus dan beban yang dapat mempengaruhi kinerja notebook, maka pertimbangkan untuk memformat ulang. Untuk melakukan ini, pastikan Anda membuat cadangan file Anda. Memformat ulang akan mengembalikan notebook sehat seperti semula. Namun sebaiknya yang melakukan format atas notebook Anda sebaiknya dilakukan oleh tekhnisi notebook, yang memang memiliki skill memformat notebook.

Bersihkan layar notebook

Ketika terlalu sering menggunakan notebook, Anda lupa membersihkan perangkat hardware pada notebook seperti layar. Seperti perangkat lunak lainnya, bagian hardware pada notebook perlu dibersihkan secara teratur. Gunakan kain lembut atau tisu khusus untuk membersihkan layar notebook dan beberapa bagian pada hardwarel notebook Anda. Singkirkan debu, noda, kotoran, yang menempel pada perangkat notebook.

Gunakan colling fan

Faktor lain yang mempengaruhi kinerja notebook adalah overheating. Saat Anda menggunakan notebook untuk jangka waktu yang lebih lama, pertimbangkan untuk menggunakan colling fan. Colling fan adalah perangkat eksternal yang mencegah notebook dari panas berlebih. Selain dari colling fan, Anda dapat menggunakan kipas angin. Tetapi jika Anda tidak ingin menggunakan colling fan atau kipas angina, Anda bisa menghindari overheating dengan menggunakan notebook di lingkungan dengan suhu ekstrem.

merawat 3Menjaga status baterai

Baterai pada notebook tidak tahan seumur hidup, tetapi Anda dapat memperpanjang umurnya dengan merawatnya dengan baik. Hindari pengisian baterai yang berlebihan. Jika sudah mencapai 100%, pastikan untuk mencabutnya. Jika Anda tidak menggunakan laptop untuk disarankan juga melepas baterai.

Gunakan tas notebook saat bepergian

Ketika kita mengatakan “melindungi”, kita berarti perlindungan literal. Beli tas atau tas tempat Anda dapat menyimpan laptop dengan aman terutama saat bepergian. Apalagi tutupi notebook Anda dengan kain. Ini dapat menjaga notebook Anda dari debu.

Hindari makan di dekat notebook

Janganlah makan didekat perangkat notebook atau disarankan untuk jangan makan sambil menggunakan notebook An. Remah-remah makanan dapat masuk ke keyboard dan bagian lain dari notebook yang akan menarik semut, rayap, dan serangga lainnya. Jika ini terjadi, serangga dapat merusak beberapa bagian internal pada notebook.

merawat 2Konsultasikan dengan ahli notebook

Terakhir, selalu tanyakan pada teknisi tentang kesehatan notebook Anda. Jika Anda ingin 100% yakin bahwa notebook baik-baik saja, bawa notebook ke tekhnisi yang benar-benar Anda percaya. Biarkan mereka melakukan reboot atau memformat ulang dan menyelesaikan perawatan notebook. Jika Anda adalah pemilik situs web, pastikan Anda berkonsultasi dengan pakar IT untuk memastikan bahwa situs web Anda aman dan terlindungi.

Perawatan dan pemeliharaan dasar untuk notebook Anda sangat penting. Ini mencegah timbulnya faktor dan masalah serius yang akan memengaruhi kinerja notebook. Jika Anda merawat notebook dengan baik, tentu dapat menyingkirkan virus, malware, dan ancaman lainnya. Investasikan perangkat lunak yang dapat melindungi notebook dari virus, membersihkan drive, dan melakukan perawatan pada bagian perangkat lunak secara keseluruhan.