mesin 2Kini printer sebagai mesin cetak tidak hanya dibutuhkan oleh instansi perusahaan maupun toko besar supermarket saja, akan tapi kini banyak diperlukan para pengusaha contohnya dibidang percetakan ataupun usaha lainnya. Kemajuan teknologi yang pesat menjadikan kita menjalankan  usaha apapun yang selalu menggunakan teknologi terkini agar tidak ketinggalan zaman.

Printer sangat dibutuhkan untuk mencetak dokumen, maka printer memiliki banyak fungsi contohnya membuat daftar penerima paket sehingga tidak perlu repot-repot mencatat dengan menggunakan pulpen lagi, karena menggunakan printer kita dapat mencetaknya dari hasil ketikan dalam mesin komputer. Tentunya penggunaan printer sehari-hari secara rutin akan membuat mesin bekerja keras dan membutuhkan perawatan agar tidak cepat rusak. Andapun tentu tidak ingin memiliki mesin yang cepat rusakan pastinya?

Kali ini Vondanote akan memberikan 10 tips sederhana merawat mesin printer yang Anda miliki agar tahan lama atau awet hingga bertahun-tahun.

Rutin membersihkan mesin printer

Selalu rutin membersihkan printer dari debu-debu yang menempel, karena debu pada mesin printer terkadang dapat menyumbat printer sehingga tinta tidak lancar dalam melakukan pencetakkan sebuah dokumen.

Menggunakan printer secara teratur

Memanfaatkan printer secara teratur untuk sehari-hari akan melindungi aliran pada tinta yang terus membasahi nozzle tempat keluarnya tinta selalu lakukan hal tersebut satu minggu sekali.

Matikan printer saat tidak digunakan

Selalu matikan printer saat pemakaian sudah selesai, lakukan aktifitas dengan benar dengan menekan tombol power sehingga printer akan otomatis melakukan pembersihan permukaan bagian head sebelum alat cetak itu non aktif.

Rutin mengganti tinta printer saat akan habis

Penggantian tinta printer harus dilakukan setiap kali tinta hampir habis jangan biarkan alat printer mencetak dokumen dengan tinta printer yang sudah habis, karena akan menyebabkan printer menjadi error. Ketika mengganti sisi catridge harus diperhatikan karena sisi ini begitu peka, jangan sentuh sisi elektrik catridge langsung dengan jari supaya lebih aman sebaiknya gunakanlah tisu atau kapas seperti bahan-bahan lembut.

mesin 3

Memperhatikan kebersihan kertas

Sebelum mencetak sebaiknya lakukan pengecekan kertas yang akan digunkan, karena jika Anda memakai kertas berdebu serta kotor dapat menjadikan roll penarik kertas kotor sehingga lama kelamaan menjadikan printer akan lebih cepat rusak.

Menggunakan feature clean head

Sebaiknya kalian manfaatkan property clean head pada properties secara teratur supaya tinta yang keluar tetap terlindungi dan lancar.

Tidak membongkar casing frame

Sebaiknya kalian tidak membongkar casing frame printer apabila kalian tidak mengetahui atau memahami cara memperbaiki, karena sedikit kesalahan dapat membuat printer menjadi rusak.

Jangan sentuh Chip Cartridge menggunakan tangan

Jangan pernah menyentuh bagian Chip Catridge langsun menggunakan tangan karena itu mampu mempengaruhi sirkulasi listrik yang akan mengganggu komponen catridge dan pastinya akan mempengaruhi kestabilan Printer saat digunakan.

Perhatikan printer sebelum melakukan cetak

Selalu perhatikan saat akan mencetak dan cek terlebih dahulu kebersihan kertas, serta atur posisi kertas agar rapi serta tidak terselip. Pengaturan kertas yang kurang rapi dapat mempengaruhi roller pada printer.

Pakai tinta refill origina

Sebaiknya setiap kali tinta pada printer habis refillah dengan menggunakan tinta original yang sudah direferensikan supaya hasil cetakan printer tetap berkualitas. Dengan menggunakan tinta yang original mesin printer tidak akan mudah rusak dan hasil cetaknyapun akan awet.

Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu kalian yang sedang memburu Tips Sederhana Merawat machine medium awet dan tahan lama.