bateryKali ini adalah artikel untuk menu tutorial dimana merupakan pengalaman pribadi penulis yang diajarkan langsung oleh suami. Pengalaman pribadi saya pernah mengalami baterai laptop yang tidak terdeteksi ketika akan di lakukan pengechasan. Karena saat saya melakukan pengechasan indikator LED laptop tidak   proses charging, saya berfikir ini adalah kerusakakkan umum.

Akhirnya saya punya inisiatif untuk bertanya langung ke suami dari browsing-browsing cara memulihkannya hingga harga baru dari baterai. Akhirnya inilah 3 cara ampuh yang bisa Anda lakukan saat baterai pada laptop Anda tidak melakukan charging.

Cara mengatasi baterai laptop yang tidak terdeteksi :

Cara Hard Reset

Yang harus dilakukan dari cara Hard Reset ini:

  • Shutdown laptop anda
  • Cabut device dan charger nya
  • Tekan tombol force kurang lebih 20 detik selama menguras listrik yang ada di kapasitor.
  • Setelah itu pasang baterai dan adaptornya

Cara Re-Setting BIOS to Default

Cara ini sama mudahnya dengan cara pertama, lakukan cara ini jika cara yang pertama tidak berhasil

  • Masuk ke BIOS Anda (setiap laptop mempunyai hotkey yang berbeda-beda)
  • Lalu cari Restore to default dan tekan f10 ‘OK’
  • Setelah itu pasang baterai dan adaptornya

Cara Update Bios

Cara yang berikut ini tidak dianjurkan jika laptop yang tidak memiliki masa garansi, karena jika gagal update BIOS resikonya sudah Anda ketahui, tapi bagi ada yang mau mencari jalan cara ini bisa di lakukan.

Pernahkah Anda mengalami baterai laptop yang tidak terdeteksi maupun dengan kata lain windows tidak mendeteksi batre laptop? Hal demikian mungkin saja akan terjadi walau kondisi baterai laptop masih dalam keadaan sangat baik.

Pembahasan berikut ini artinya mengenai solusi mulai dari batre tidak terdeteksi pada laptop, simak baik-baik penjelasan berikut ini, agar anda lebih memahami setiap permasalahannya.

battery 2

Gambar diatas adalah penampakan dari baterai yang tidak terdeteksi oleh laptop dan baterai dalam kondisi normal, apakah penyebab dari baterai tidak terdeteksi ?

Beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Baterai kemungkinan rusak , solusi masalah ini Anda harus mengganti baterai laptop yang lama dengan yang baru.
  • Bila baterai laptop sudah diganti namun masih bermasalah. Kemungkinan masalah pada BIOS laptop maupun ada bagian rangkaian pada motherboard yang rusak yang artinya akan membutuhkan waktu dalam menganalisa permasalahannya.