screenshoot FILEminimizer

Screenshot adalah aktifitas atau proses pemotretan gambar pada desktop komputer yang tujuanya adalah guna menyimpan sesuatu aktifitas yang telah kita lakukan. Screenshot sangat mudah sekali kita lakukan di dalam perangkat laptop, sebab saat ini perangkat Microsoft windows sudah memberikan banyak sekali kemudahan-kemudahan bagi penggunanya. Namun ada beberapa user yang masih belum paham cara melakukan pemotretan gambar ini.

Berikut ini tutorial yang akan membahas sekaligus membagikan tips-tips bagi pengguna komputer yang belum paham dan mengerti cara untuk melakukan pengambilan screenshot di desktop pada piranti lunak komputer atau laptop. Berikut akan cara simpel agar kita dapat melakukan pengambilan gambar pada perangkat laptop kita sebagai data atau arsip gambar sebagai data penting kita.

Memanfaatkan Tombol Print Screen (PrtSc) Pada Keyboard

Sekarang Kita akan mencoba melakukan screenshot dengan menggunakan tombol Prnt Scrn atau PrtSc metode yang pada umumnya paling sering di gunakan. Karena dengan menggunakan cara ini anda hanya tinggal memencet tombol Prtsc pada keyboard, maka secara otomatis kita akan bisa menyimpan semua tampilan gambar pada layar desktop secara penuh. Karena hasil gambar printscreen yang sebelumnya, cuma tersimpan dan belum kita liat hasilnya, maka kita perlu membuka program bawaan Windows yaitu aplikasi Paint (start-All programs-Accesories-Paint). Bisa juga dengan mudah kita lakukan, hanya dengan mengetik di search menu, dengan menulis “Paint” (Tanpa tanda petik)

Setelah Program paint terbuka, kita bisa menekan  tombol CTRL + V di keyboard komputer atau laptop kita. Bisa juga dengan melakukan klik pada dashboard paint memakai keyboard hingga muncul kedip-kedip yang menandakan board paint sudah siap di isi file, kemudian klik kanan dan pilih paste. Sehingga secara otomatis akan terlihat hasil capture layar mana yang telah kita simpan.

Setelah gambar hasil capture masuk di dashboard, selanjutnya kita bisa mengedit sesuai keinginan untuk ukuran gambar. Selain itu kita bisa juga mengisi tulisan dan menyimpan file sesuai ukuran aslinya dari hasil capture. Jika semua sudah sesuai dengan yang kita inginkan, maka simpan foto dengan menekan file-save as atau dengan menekan Ctrl+S pada keyboard.  Kemudian simpan file dalam bentuk png atau jpg, dan kita bisa melihat hasil capturan di folder anda.

zcreenshoot FILEminimizer

Menggunakan Tombol Alt + PrtScr / Alt + Fn + PrtScr

Cara ini bisa pakai untuk mengambil screenshot hanya dari tampilan yang masih aktif atau tampilan yang paling depan di antara tampilan yang lainya. Caranya hanya menekan tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan. Setelah itu gambar secara otomatis akan tersimpan. Cara untuk melihat foto yang telah di simpan dengan melakukan cara yang serupa  seperti cara pertama yaitu mem-paste di program paint. Selanjutnya mengulang cara menyalin file dari clipboard di Microsoft Paint seperti cara di atas. Setelahnya kita bisa memeriksa hasilnya dan bisa menyimpanya.

Menggunakan Program Snipping Tool

Menggunakan aplikasi bawaan Windows ini, juga tidak kalah karena ini kita bisa melakukan pemungutan gambar dengan memilih bagian-bagian tertentu mana saja yang di  harapka. Cara ini kita hanya cukup menggunakan mouse dan memilih bagian-bagian foto mana saja yang di diharapkan. Jika sudah selesai scroll kita sudah bisa langsung melihat hasil capture gambar yang dipilih apabila sudah selesai, lalu pilih  menu (File- save as) dan menentukan di folder mana kita mau menyimpan file. Jika kita tertarik untuk menggunakan program ini letaknya ada di (start-All programs-Accesories-Snipping Tool).

Inilah cara cara mudah bagi temen teman yang belum tahu cara screen shoot atau melakukan meng capture gambar pada desktop komputer atau laptop.