battery 1Baterai adalah komponen hardware yang penting yang memasok daya ke laptop. Sangat penting untuk merawat baterai laptop bekerja dengan lebih baik dan lebih lama.

Secara umum, umur rata-rata baterai laptop adalah antara dua dan empat tahun dan baterai dapat bertahan antara dua dan lima jam setelah pengisian penuh dan keadaan laptop sudah tidak te-charge. Jika Anda tidak merawat baterai laptop setiap hari, suatu hari akan menyebabkan baterai mudah kehabisan daya dalam waktu setengah jam atau bahkan kurang dari setiap pengisian daya. Jika Anda mendapati kasus ini pada baterai laptop Anda, saatnya untuk mempertimbangkan mengganti baterai karena kondisinya sudah rusak.

Tanpa baterai yang sehat, laptop Anda akan kehilangan kemampuan untuk bergerak.Mulailah dari sekarang untuk merawat baterai laptop Anda dengan baik agar kondisinya tetap baik. Ini tidak mengharuskan Anda menghabiskan banyak waktu dan energi. Hanya perlu lebih memperhatikan detail setiap hari status baterai saat menggunakan laptop. Nah, berikut ini tips penting yang perlu Anda ikuti untuk merawat baterai laptop tetap sehat.

3 tips untuk merawat baterai laptop tetap sehat

Kiat-kiat berikut dapat membantu mengurangi tingkat penurunan kinerja baterai laptop dan menjaganya tetap sehat seperti pertama kali membelinya.

Merawat pengisian dan pemakaian

Hindari pengisian dan pengosongan terus-menerus pada baterai laptop. Beberapa orang yang menggunakan laptop untuk bekerja, bermain game, atau menonton serial TV, terus mengisi daya baterai laptop dengan baterai yang terpasang sepanjang hari atau bahkan beberapa hari. Ini kemungkinan akan mempersingkat masa pakai baterai laptop. Para ahli merekomendasikan untuk melepas baterai jika Anda harus terus mengisi daya laptop Anda atau mencabut adaptor setelah pengisian selesai.

Pengosongan dan pengisian daya penuh pada baterail laptop secara teratur: Jika Anda mengisi daya laptop Anda untuk pertama kalinya, isi penuh hingga 100%. Setelah itu untuk merawat baterai laptop lebih baik simpanlah 40% -80% sebagian besar waktu dan tepat waktu sebelum turun di bawah 20%. Anda harus mengisi penuh dan mengisi ulang baterai laptop setidaknya sebulan sekali. Tapi jangan biarkan terisi penuh atau habis untuk jangka waktu yang lama. Jika Anda tidak menggunakan laptop selama lebih dari setengah tahun, cara yang tepat untuk merawat baterai Anda adalah menyimpan laptop dengan didalmnya terisi daya 40% ~ 50%.

battrey 4

Hindari suhu tinggi

Baterai laptop berfungsi paling baik pada suhu kamar. Suhu tinggi adalah musuh terbesar baterai laptop. Sering meninggalkan laptop pada suhu tinggi akan menurunkan kapasitas baterai. Maka rawatlah baterai Anda dengan baik jangan meletakkan laptop seperti di atas kaki, sofa, selimut atau benda apa pun di mana panas tidak mudah lepas. Setelah pengisian selesai, lepaskan daya eksternal sesegera mungkin untuk mengurangi suhu baterai. Selain itu, jaga agar laptop etap rapi dan jangan biarkan debu menghalangi ventilasi udara.