Plugin WP

Para blogger tentunya saat memulai blog, segala sesuatunya bisa terasa sangat luar biasa. Menyiapkan beberbagai tema yang akan dgunakan pada konten dan tentunya penggunaan font apa yang disukai oleh para pembaca.

Bagi para pemula dalam bidang blog mungkin akan kesulitan untuk memulai blog karena ini adalah dunia baru yang penuh kemungkinan dan pembelajaran. Namun, pasti Anda sudah memiliki font bagus yang Anda suka dan pastinya akan di gunakan untuk tema pada blog WordPress Anda.

Ada berbagai macam Plugin yang dapat Anda terapkan untuk menggunakan font Anda sendiri untuk blog terlihat seperti yang di inginkan dan sangat disarankan Anda menggunakannya untuk blog yang saat ini sedang dibangun,  karena ini jauh lebih mudah dan tidak terlalu merepotkan daripada mempelajari CSS dari awal.

Di bawah ini adalah 5 plugin WordPress teratas yang bisa digunakan untuk menambahkan font khusus di situs blog WordPress Anda.

WP Google Fonts

WP google

Judul yang satu ini cukup jelas, ini adalah plugin tempat Anda dapat menggunakan font google di situs web Anda.

Anda mendapatkan akses ke sejumlah besar font Google yang dapat Anda tetapkan ke berbagai bagian situs web Anda (misalnya pada bagian Judul, menu, teks, dll.). Kelemahannya adalah plugin ini tidak memungkinkan Anda melihat dulu model font di situs Anda sebelum ditayangkan.

Salah satu fitur bagus dari WP Google Fonts adalah ia membatasi Anda untuk hanya menggunakan 6 font saja pada situs  WordPress, karena jika Anda menggunakan terlalu banyak maka website Anda akan terlihat berantakan dan tidak menarik untuk di baca pengunjung. Meskipun Anda dapat menggunakan semua font Google dengan plugin ini, Anda tidak dapat menggunakan font khusus lainnya. Google membatasi Anda dalam penggunaannya, tetapi secara keseluruhan plugin ini bagus dan dapat meningkatkan traffic blog Anda.

Easy Google Fonts

Easy Google

Easy Google Fonts adalah salah satu plugin font yang kurang ramah penggunaanya karena halaman pengaturan agak sulit dinavigasi, namun, setelah Anda melewatinya, ini adalah alat yang hebat untuk membangun font pada blog Anda. Dengan ribuan font gratis yang bisa Anda gunakan dan memiliki bonus untuk melihat perubahan pada tulisan sebelum Anda mempublikasikan disitus, ini adalah plugin yang bagus untuk dipasang.

Baca juga:  3 Tips Merawat Baterai Laptop Tetap Sehat & Awet Seperti Baru

Plugin ini memberi Anda kontrol yang sangat baik saat Anda mulai menggabungkan font baru di dalam situs. Untuk setiap elemen di situs Anda seperti: header, teks, dll. Anda dapat memilih font terpisah dan menentukan dekorasi serta bobotnya. Anda juga dapat menambahkan warna pada latar belakang, ukuran font, spasi huruf, dan tinggi baris. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengedit posisi font Anda, termasuk margin dan padding, semua melalui Plugin.

Dengan berbagai macam font dan sistem yang cukup mudah digunakan saat Anda mulai terbiasa yang memungkinkan Anda melihat perubahan saat membuatnya, ini adalah plugin font bagus yang memungkinkan Anda menggunakan font kustom.

Fontsy

Fontsy 1

Fontsy adalah plugin yang ramah bagi pengguna, mudah digunakan dan gratis. Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat memilih atau mengunggah font pilihan Anda untuk menyempurnakan situs web Anda. Sekali lagi, plugin ini lebih baik daripada WP Google Fonts karena memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih dari sekedar font yang tersedia pada font Google.

Fontsy juga memungkinkan Anda untuk mengalokasikan font ke elemen tertentu dari situs Anda (seperti yang dilakukan orang lain di atas juga). Ini adalah fitur yang sangat penting dalam plugin ini karena Anda dapat mengontrol semua elemen font di situs web Anda dan dapat mengubahnya Fontsy memiliki lebih dari 1.300 font untuk dipilih sehingga Anda pasti akan menemukan font yang akan Anda sukai.

Tentu saya sebagai seorang blogger sangat merekomendasikan untuk mencoba Fontsy karena ini adalah semua dalam satu plugin manajemen font web untuk WordPress yang akan membuat Anda kagum. Ini adalah alternatif yang bagus untuk Plugin WordPress Font Kustom.

Baca juga:  Bagaimana Merawat Hardisk Dengan Metode Chekdisk Menggunakan Menu Bawaan Operating System Windows

Styleguide

StyleguideUse Any Font adalah salah satun plugin yang memungkinkan Anda untuk menyematkan font apa pun ke situs web Anda.

Anda dapa membayar sebesar 10 $ untuk memiliki akses ke aktivasi tak terbatas dan konversi font tak terbatas seumur hidup. Namun Anda juga bisa menggunakan versi gratisnya tetapi plugin ini hanya memberi Anda satu aktivasi dan konversi font tunggal. Sangat disarankan Anda menggunakan font untuk yang berbayar, agar mendapatkan berbagai macam font yang unik.

Setelah Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan kunci API yang memberi Anda akses penuh. Plugin ini memungkinkan Anda menemukan lebih banyak jenis font untuk situs blog Anda dibandingkan dengan plugin WP Google Fonts. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menggunakan banyak font dan menetapkan setiap font ke elemen tertentu (header, menu, teks, dll.) Yang seharusnya persis seperti yang Anda cari saat menemukan plugin font kustom.

Styleguide

styleguide

Styleguide sedikit berbeda karena tidak hanya memungkinkan Anda menyesuaikan font, tetapi juga warna di situs Anda (pada tema WordPress tertentu). Fitur hebat lainnya yang dimiliki Styleguide adalah memungkinkan Anda melihat pratinjau situs Anda sebelum tulisan ditayangkan, yang berarti Anda dapat menyempurnakan tampilan sebelum menekan “Publikasikan”.

Styleguide juga memiliki kelebihan dengan memiliki berbagai set karakter, termasuk Yunani, Rusia, dan Sirilik. Ini benar-benar membuat Styleguide menonjol di atas para pesaingnya dan jelas merupakan nilai jual terbesar dari plugin ini. Manfaat lainnya jika Anda menggunakan plugin Styleguide adalah bahwa plugin ini sudah ada selama kurang lebih 5 tahun yang berarti mereka telah berhasil menyelesaikan banyak kesalahan mereka dan siap memberikan keuntungan bagi penggunannya.

Meskipun ini adalah salah satu plugin terbaik, tetapi memiliki batasan. Saat ini Styleguide hanya mendukung 17 tema WordPress dan tidak dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam satu waktu.

Jadi itulah 5 plugin WordPress teratas yang bisa digunakan sebagai font khusus di situs Anda.