MAC 9 FILEminimizer

Khawatir tentang privasi Anda di Windows atau perangkat macOS dengan kamera internal? Berikut cara menonaktifkannya.

Di era FaceTime dan WhatsApp, hampir setiap perangkat seluler memiliki kamera yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan orang lain. Laptop Windows dan MacBook tidak berbeda, tetapi kamera internal memiliki risiko sendiri yang tidak boleh Anda abaikan.

Jika PC atau Mac Anda pernah dikompromikan, umpan dari kamera Anda dapat direkam dan digunakan di tempat lain. Daripada mempertaruhkan privasi Anda, Anda dapat sepenuhnya menonaktifkan webcam bawaan pada Windows dan perangkat macOS. Begini caranya.

Menonaktifkan Kamera pada macOS

Tidak ada opsi bawaan untuk menonaktifkan kamera pada Mac Anda sepenuhnya, tetapi Anda dapat mencabut akses ke sana. Untuk melakukan ini, klik ikon Launchpad di Mac Dock Anda. Temukan dan klik untuk masuk ke System Preferences, lalu masuk ke menu Security & Privacy.

MAC 1 FILEminimizer

Meluncurkan Preferensi Sistem dari Launchpad di macOS

Daftar perangkat lunak yang diinstal dengan akses ke kamera Anda akan muncul di bawah tab Camera. Untuk mencabut akses ke salah satu aplikasi yang terdaftar, klik untuk menghapus centang pada kotak centang di sebelah entri.

Anda mungkin perlu menekan ikon Lock di kiri bawah sebelum Anda dapat membuat perubahan, memberikan kredensial kata sandi atau ID Anda untuk memungkinkan akses.

MAC 2 FILEminimizer

Dalam kebanyakan kasus, ini seharusnya cukup untuk membatasi akses ke kamera Anda. Anda dapat memulihkan akses kapan saja dengan mengeklik kotak centang di sebelah entri aplikasi untuk mengaktifkan kembali akses ke sana.

Jika masih khawatir, Anda juga dapat menginstal dan menggunakan aplikasi OverSight untuk memantau dan mengingatkan Anda tentang aplikasi apa pun yang mencoba mengakses webcam atau mikrofon Anda.

Menonaktifkan Kamera pada Windows

Tidak seperti pengguna macOS, jauh lebih mudah untuk menonaktifkan kamera pada PC Windows. Sebelum Anda melakukan ini, Anda harus memeriksa perangkat lunak apa yang saat ini menggunakan kamera Anda.

Untuk melakukan ini, klik ikon menu Start dan klik Setting. Dari sini, klik Privacy> Camera .

Daftar aplikasi dengan akses ke kamera Anda akan muncul di bagian bawah Allow desktop apps to access your camera, dengan informasi tentang kapan aplikasi terakhir mengakses kamera Anda.

MAC 3 FILEminimizer

Daftar aplikasi Windows UWP dengan akses kamera akan muncul di bagian Pilih aplikasi Choose which Microsoft Store apps can access your camera.

Anda dapat mengklik bilah geser di sebelah setiap aplikasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akses kamera.

MAC 4 FILEminimizer

Untuk menonaktifkan semua akses ke kamera Anda, klik icon Change di bagian bawah Allow access to the camera on this device, lalu klik slider untuk menonaktifkan Camera access for this device.

MAC 5 FILEminimizer

Ini harus menonaktifkan akses kamera untuk semua aplikasi UWP, serta sebagian besar (tetapi tidak semua) perangkat lunak desktop. Untuk sepenuhnya menonaktifkan kamera Anda, Anda harus menonaktifkannya di Device Manager.

Pada desktop Windows Anda, klik kanan tombol Start menu dan klik Device Manager untuk mengakses daftar perangkat yang terpasang.

MAC 6 FILEminimizer

Di jendela Device Manager, klik untuk membuka kategori Kamera . Jika kamera Anda tidak tercantum di sini, coba kategori Imaging Devices.

Untuk menonaktifkan kamera Anda, klik kanan pada perangkat kamera Anda yang terdaftar di bawah kategori mana pun, lalu klik opsi Disable device perangkat.

MAC 7 FILEminimizer

Windows mungkin meminta Anda untuk mengkonfirmasi apakah Anda benar-benar ingin menonaktifkan perangkat. Klik Yes untuk konfirmasi.

MAC 8 FILEminimizer

Setelah dikonfirmasi, Windows akan menonaktifkan perangkat Anda. Jika Anda perlu mengembalikannya, klik kanan entri di Device Manager dan klik opsi Enable device.

Tentu saja, jika Anda masih paranoid bahwa OS Anda tidak mematikan kamera, Anda selalu dapat menutupinya dengan selembar kaset.

Meningkatkan Privasi dan Keamanan pada Windows dan macOS

Menonaktifkan kamera Anda adalah tindakan pencegahan yang masuk akal, tetapi Anda harus memikirkan cara lain untuk meningkatkan privasi dan keamanan Anda di Windows dan perangkat macOS. Jika Anda pengguna Windows, jaga PC Windows Anda tetap aman saat Anda bepergian.

macOS memiliki reputasi yang lebih baik untuk keamanan, tetapi itu tidak sempurna. Daripada menggunakan Tempat Sampah, pertimbangkan untuk menghapus file pada Mac secara aman alih-alih melindungi file sensitif agar tidak dipulihkan.