Apakah Anda mendengar peringatan baterai lemah pada AirPods Anda lebih sering daripada sebelumnya? Sangat mungkin headphone nirkabel Apple Anda mencapai akhir hayatnya.

Apa Umur Baterai AirPods dan AirPods Pro?

Secara resmi, Apple mengatakan AirPods generasi pertamanya menawarkan hingga lima jam waktu mendengarkan dan dua jam waktu bicara dengan satu kali pengisian daya, sementara AirPods generasi kedua menyediakan hingga satu jam waktu bicara tambahan.

AirPods Pro memiliki daya tahan baterai yang sama dengan AirPods dengan waktu mendengarkan hingga lima jam. Tetapi dalam mode Active Noise Cancelling, waktu mendengarkan dikurangi menjadi empat setengah jam dan waktu bicara terbatas hingga tiga setengah jam. Kasing Pengisian Daya untuk semua model menawarkan hingga 24 jam waktu mendengarkan tambahan atau lebih dari 18 jam waktu bicara.

Jadi Berapa Lama AirPods Keluaran Apple Sebenarnya Bisa Bertahan?

Faktor usia penggunaan AirPods atau earbuds AirPods Pro adalah untuk melihat kemampuan baterainya. Seiring waktu, Anda akan menemukan bahwa AirPods tidak akan bertahan hingga lima jam lagi. Daya tahan baterai per pengisian mungkin turun secara signifikan selama beberapa bulan penggunaan. Ini tergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan AirPod, tetapi dari anekdot di forum tampaknya AirPod asli akan bertahan sekitar 2 tahun sebelum Anda mulai melihat penurunan nyata dalam fungsi baterainya, dan sama halnya denganAirPods Pro.

Mengapa AirPod Memiliki Masa Hidup yang Singkat?

Bukan rahasia lagi bahwa baterai pada sebuah produk elektronik akan siginifikan memburuk dari waktu ke waktu begitupun dengan produk Apple AirPods. Selain itu ukuran baterai yang kecil pada Airpod membuat mereka sangat rentan terhadap kerusakan fisik yang terjadi selama masa hidup si baterai lithium ion.

Cara baterai AirPods habis juga berdampak pada masa pakai baterai yang sebenarnya. Misalnya, jika Anda melakukan atau menerima banyak panggilan telepon melalui AirPods Anda, seiring waktu Anda mungkin akan melihat ketidakseimbangan dalam masa pakai baterai antara AirPods kiri dan kanan. Itu karena secara default hanya satu AirPod yang menyala mikrofonnya selama panggilan.

Cara Memaksimalkan Usia Baterai AirPods

Menyimpan Airpod Pada Casing-nya

Casing AirPods sendiri menyimpan 24 jam daya tambahan, jadi Anda harus tetap menggunakannya jika Anda menggunakan AirPods Anda dua kali sehari dalam perjalanan panjang. Misalnya. Pastikan Anda menyimpan AirPod di Casing saat tidak digunakan, dan ingat untuk menghubungkan kasing ke stopkontak setiap beberapa hari.

Jangan Membuka Casing Airpod Jika Tidak Digunakan

Cobalah dan hindari bermain dengan case ketika Anda tidak berniat untuk menggunakan AirPods. Tentu berulang kali membuka tutup dan menutup Anda secara tidak langsung mengaktifkan chip Bluetooth W1 dan menguras baterai Airpod.

Hindari Kondisi Udara Ekstrim

Secara umum panas atau dingin yang ekstrem dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada baterai, jadi hindari menggunakannya dalam kondisi lingkungan yang. Selain itu cobalah untuk menjaga AirPod dari sengatan sinar matahari langsung saat Anda tidak menggunakannya.

Nonaktifkan Fitur Cerdas

Matikan penggunaan fitur pintar di AirPods Anda. Misalnya spereti Deteksi Telinga Otomatis memungkinkan audio dialihkan dari perangkat yang terhubung untuk beralih dengan lancar ke AirPod saat Anda meletakkannya di telinga Anda. Fitur ini diaktifkan secara default, tetapi Anda dapat menonaktifkannya secara manual setelah Anda menghubungkan AirPods ke iPhone atau iPad . Perhatikan ketika Anda melakukannya, Anda harus memutar atau menghentikan audio secara manual ke AirPods.

Nonaktifkan Fungsi Suara

Jika Anda memiliki AirPods Pro, pertimbangkan untuk menonaktifkan mode Noise Cancelling dan Transparency. Fitur ini akan mengurangi masa pakai baterai secara signifikan. Anda dapat mengontrol fungsi-fungsi ini melalui perangkat iOS yang terhubung atau dengan menggunakan gerakan tekan dan tahan default pada AirPod.

Mengecilkan Volume Suara

Pertimbangkan untuk mengecilkan volume yang Anda putar audio di AirPods Anda. Menggunakan Airpods dengan volume suara kecil akan sedikit menghematan usia baterai, selain itu juga bisa membuat telinga Anda nyaman.

Cara Memperpanjang Umur Baterai AirPod Yang Habis

Jika AirPod Anda telah mengalami kekurangan kapasitas baterai dan Anda ingin memaksimalkan penggunaan AirPods saat mendengarkan dan berbicara. Maka  gunakanlah satu AirPod sementara bagian satunya melakukan pengisian baterai. Hal ini akan memperpanjang daya baterai pada AirPod Anda.

AirPod mendeteksi ketika hanya satu yang sedang dipakai dan secara otomatis akan mengubah saluran audio stereo menjadi mono. Sehingga Anda masih dapat menikmati rekaman lagu lengkap di satu telinga. AirPods juga berhenti secara otomatis ketika Anda mengeluarkan yang satunya, dan menghubungkan kembali keduanya serta melanjutkan pemutaran untuk menghasilkan pengalaman mendengarkan yang lancar.