VLC FILEminimizerJika kamu sering melakukan aktifitas merekam untuk membuat sebuah video menarik dengan di layar komputer seperti membuat tutorial dengan video, ada  banyak software yang bisa membantu kamu untuk merekam layar komputer. Tapi tahukah kamu jika software VLC bisa merekam layar komputer.

VLC Media Player adalah salah satu pemutar video terbaik yang ada di dunia internet. Software VLC memiliki banyak fitur tersembunyi, contohnya selain untuk memutar video yang ada di komputer, VLC juga bisa merekam layar komputer yang kamu miliki. Jadi, apabila selama ini kamu masih bingung atau belum menemukan aplikasi screen recorder untuk PC atau laptop, ada baiknya kamu menggunakan VLC saja.

Nah berikut ini akan di bagikan langkah-langkah untuk akan melakukan perekaman video pada layar dektop menggunakan software VLC.

Dowloand Link VLC

Silahkan download link VLC disini https://www.videolan.org/vlc/download-windows.html . Setelah aplikasi VLC sudah di install di perangkat laptop, selanjutnya buka menu Media > Open Capture Device.

Insert gambar 1

recording video 01

Berikutnya buka jendela Open Media-Capture Device, di menu Capture mode ganti menjadi menu Desktop.

Insert gambar 2

recording video 02

Dalam menu Desire framerate for the capture, pada settingan untuk standart bisa  menggunakan @30 f/s. Untuk gambar lebih tajam bisa juga mengisi @60f/s atau dapat juga lebih tinggi, karena semua tergantung pilihan. Dengan memilih semakin tinggi f/s akan bertambah gede pula file video yang akan kita simpan.

Insert gambar 3

recording video 03

Step berikutnya di tombol paling bawah, tepat depan tombol play berbentuk segitiga pilih Convert. Atau bisa juga tekan tombol alt + O yang ada pada keyboard. Sehingga akan pindah pada langkah berikutnya.

Insert gambar 4

recording video 04

Selanjutnya buka jendela baru yaitu Convert, silahkan isi output-Profile. Pilihan ini adalah untuk memilih bentuk extention dari video yang akan di simpan, saya akan mencoba memilih video – H.265 + MP3 (MP4), karena mp4 adalah standart video menggunakan resolusi yang cukup bagus dengan resolusi video yang tidak terlalu besar.

Insert gambar 5

recording video 05

Pada menu Destination file adalah proses dimana folder yang di pilih untuk mengarahkan dimana kamu menginginkan untuk menyimpan file video yang sudah di rekam. Silahkan folder yang diinginkan pada kompuer kamu.

Insert gambar 6

recording video 06

Pada kolom isian file name silahkan isi nama file untuk video record kamu, apabila sudah selesai, anda klik Save untuk menyimpan.

Insert gambar 7

recording video 07

Jika semua sudah di isi silahkan tekan tombol Start maka akan dimulai perekaman pada layar desktop komputer. Untuk lebih enak ketika kamu melakukan perekaman video kamu meminimize atau mengecilkan tampilan VLC supaya tidak mengganggu saat membuat sebuah aktivitas pengambilan video.

Jika sudah selesai melakukan perekaman kamu bisa perbesar program VLC dan dapat langsung di stop, karena dengan saat di stop secara otomatis proses perekaman video akan tersimpan otomatis di folder yang di pilih.

Insert gambar 8

recording video 08

Inilah tips untuk merekam video pada desktop laptop, semoga membantu.