Ada saat-saat ketika Anda menemukan situs web atau halaman di situs web saat bekerja dari perangkat Android Anda, dan Anda perlu menyimpan satu atau lebih halaman dari situs itu untuk dilihat nanti. Ada sejumlah cara untuk melakukannya. Paling sering, yang dilakukan adalah membagikan tautan itu, melalui alat berbagi Android bawaan, sebagai email untuk saya sendiri.

Namun, ketika Anda sedang bepergian seperti halnya bertemu klien, dan kadang-kadang saat bepergian Anda akan menghabiskan waktu tanpa jaringan untuk kembali aktif. Ketika itu terjadi, bagaimana Anda membaca situs-situs yang sebenarnya Anda ingin baca?

Ternyata para pengembang Android menemukan tipuan praktis untuk tujuan itu. Dalam hitungan detik, Anda dapat menyimpan halaman situs yang ingin Anda baca nanti di perangkat Android kesayangan Anda. Sehingga Anda dapat membaca halaman disitus web yang sudah disinpan kapan saja tanpa perlu tergantung dengan koneksi internet.

Berikut cara menyimpan halaman situs web pada perangkat Android

Menyimpan halaman untuk dibaca secara offline

Buka browser Chrome di perangkat Android dan buka halaman situs web yang ingin Anda simpan untuk dilihat secara offline. Ketuk tombol menu dan akan muncul tampilan seperti pada Gambar A, Anda akan melihat sejumlah ikon di bagian atas.

Popup Android Share, seperti yang terlihat pada Pixel 3. Di deretan ikon itu, Anda akan menemukan panah yang mengarah ke bawah. Ketuk panah itu, dan unduhan halaman akan dimulai dan selesai hampir seketika.

Gambar A

Tarik layar notifikasi pemberitahuan pada android

Jika Anda kemudian menarik bagian notifikasi seperti pemberitahuan pada Android, Anda akan melihat unduhan yang disimpan sebagai daftar Chrome seperti Gambar B. Di dalam notifikasi tersebut terdapat informais file situs web yang sudah Anda download dan bisa dibaca secara offline.

Cara Lain Melihat Halaman Situs Yang Sudah Di Unduh

Nah akan tetapi jika Anda tidak ingin langsung melihat halaman situs yang sudah di unduh dan diberitahu pada list notifikasi Android Anda bisa mengabaikannya atau melakukan clear all pada notifikasi. Jangah khawatir cara lain Anda tetpa bisa menemukan halam situs yang sudah di unduh pada browser Chrome.

Caranya dengan membuka browser Chrome dan ketuk tombol menu. Setelahny klik Unduhan dan dalam daftar unduhan Anda dapat melihat semua halaman situs web yang Anda unduh serta membacanya secara offline sepert pada Gambar C.

Gambar C

Cara Menghapus Halaman Situs Web Yang Sudah Disimpan Pada Google Chrome Android

Setelah Anda selesai membaca dan melihat halaman situs web yang sudah di unduh, kemudian Anda ingin menghapusnya.  Anda dapat mengklik tombol menu pada list halaman situs web yang akan dihapus dan kemudian pilih Hapus seperti Gambar D.  Secara otomatis halaman situs web yang di di unduh akan terhapus dan tidak ada di list unduhan brower Google Chrome Android Anda.

Gambar D

Artikel ini adalah tutorial cara membaca halaman web offline di Android. Ini adalah proses sederhana yang dapat menghemat waktu dan frustrasi Anda, terutama ketika Anda sedang bepergian, dan perjalanan Anda membawa Anda ke lokasi tanpa konektivitas jaringan. Menyimpan halaman Anda untuk dibaca secara offline memudahkan Anda untuk tetap mendapatkan pengalaman membaca dan melihat dari halaman situs web yang ingin Anda baca saat waktu luang.