Google shopping

Baru-baru ini Google telah meluncurkan program baru bernama Surfaces Across Google, yang dapat digunakan oleh siapa saja yang membuat atau telah memiliki akun Google Merchant Center. Dengan alat ini, Anda dapat menjual produk Anda secara gratis di Google Shopping.

Dengan menginformasikan gratis dari mungkin salahsatu produk yang Anda jual ke jutaan orang setiap hari, penting untuk menyiapkan produk Anda agar sukses untuk memaksimalkan potensi peningkatan peringkat, visibilitas, dan relevansi. Berikut ini beberapa tips bermanfaat tentang cara mengoptimalkan feed produk Anda.

Menyiapkan daftar produk gratis Anda

Jika Anda sudah memiliki akun Merchant Center, Anda kemungkinan besar telah ikut serta dalam program Surfaces Across Google. Jika Anda baru di Merchant Center, Anda perlu membuat akun gratis dan umpan produk dengan semua daftar produk yang akan Anda jual dalam daftar gratis Google. Berikut adalah tips yang akan memberi Anda beberapa cara tentang mengoptimalkan umpan produk Anda untuk memberikan produk Anda peluang terbaik untuk berkonversi.

Bagaimana Mengoptimalkan Feed Belanja Anda

Judul Produk

Judul produk merupakan salah satu aspek terpenting dari feed yang harus dioptimalkan. Ada beberapa alasan untuk ini:

  • Google menggunakan kata kunci dalam judul untuk menentukan produk apa yang relevan dengan pencarian
  • Judul adalah salah satu elemen yang paling terlihat dari daftar produk Anda, kedua setelah gambar

Sasarannya menggunakan kata kunci yang memiliki target volume tinggi sekaligus menjadi sangat rinci dan deskriptif tentang produk Anda. Sebagian besar konsumen yang ingin melakukan pembelian telah melakukan setidaknya beberapa penelitian, jadi mereka lebih cenderung menggunakan kata kunci yang panjang. Maka sangat penting untuk menyertakan sebanyak mungkin detail kata kunci yang sesuai dengan judul produk Anda.Capture 1

Tips:

  • Lakukan beberapa penelitian kata kunci dan lihat kata kunci apa yang menghasilkan volume paling banyak
  • Gunakan detail deskriptor seperti merek, ukuran, warna, jenis, gaya, model, jenis kelamin, dan / atau apa pun yang mungkin relevan dengan produk Anda
  • Letakkan kata kunci terpenting di depan judul. Itulah yang dibaca konsumen pertama kali

Gambar Produk

Gambar produk merupakan atribut yang paling menonjol bagi konsumen dan itulah yang akan menarik perhatian konsumen pada produk yang Anda jual. Gambar yang digunakan harus berkualitas tinggi (, menarik perhatian, dan berkorelasi dengan judul produk Anda. Penting juga untuk menambahkan teks seperti tanda di dalam gambar Anda seperti tanda diskon, atau teks lain yang tidak diperlukan.

Tip:

Cobalah untuk melakukan pengajuan pada gambar yang berbeda satu sama lain, seperti gambar produk versus gambar gaya hidup atau lingkungan. Dengan cara ini Anda dapat mengukur gaya mana yang lebih cenderung menghasilkan rasio klik-tayang tertinggi. Gambar di bawah memberikan contoh yang bagus untuk ini. Mana yang menurut Anda lebih menarik?

Capture 2

Kategori Produk

Kategori produk merupakan atribut backend yang digunakan untuk membantu Google mempertimbangkan produk apa yang harus ditampilkan di pada Google Shopping. Ini adalah elemen yang wajib artinya Anda harus memilih kategori dari daftar yang dimiliki Google. Ada lebih dari 6.000 kategori dan subkategori, jadi penting bagi Anda untuk menemukan kategori yang paling sesuai dengan produk Anda.

Misalnya, Anda menjual jaket motor.

 Anda dapat menggunakan:

Apparel & Accessories> Clothing> Activewear> Motorcycle Protective Clothing

Anda harus menggunakan:

Apparel & Accessories> Clothing> Activewear> Motorcycle Protective Clothing> Motorcycle Jackets

Deskripsi Produk

Deskripsi merupakan atribut yang akan berhubungan dengan konsumen yang akan menggunakan Google untuk menentukan produk apa yang harus mengisi listingan belanja. Mengisi deskripsi produk sebagai kesempatan kedua Anda untuk memasukkan kata kunci relevan yang tidak dapat Anda sertakan dalam judul produk Anda. Cobalah menempatkan diri Anda pada posisi konsumen. Anda tidak ingin melihat deskripsi panjang yang tidak masuk akal. Anda hanya ingin melihat nilai tambah tentang sebuah produk yang dijual

Tips:

  • Jaga agar tetap relevan dan gunakan deskripsi produk sebagai penambah nilai
  • Jangan jadikan deskripsi produk sebagai spam
  • Jangan menggunakan kata kunci pada deskripsi

Promosi dan Penjualan

Promosi dan penjualan tidak membantu meningkatkan peringkat dalam daftar belanja, tetapi merupakan cara yang baik untuk membantu produk Anda menonjol dan meningkatkan rasio klik-tayang dari produk Anda. Ketika produk Anda ditampilkan dengan ratusan produk lain dengan harga yang sama, dengan nilai tambah diskon atau obral mungkin akan membujuk konsumen untuk memilih produk Anda daripada produk pesaing.

Peringkat Penjual

Peringkat penjual dapat berdampak besar pada toko Anda dan menambah positif kepercayaan pada produk Anda. Selain itu, relevansi produk Anda meningkat dan membantu Anda meningkatkan penjualan produk.

Sekarang daftarkan produk Anda untuk mendapatkan eksposur gratis!