merakit

Saat ini komputer menjadi bagian terpenting dalam berbagai bidang pekerjaan. Hampir semua pekerjaan tidak bisa lepas dari perangkat komputer, karena adanya komputer pekerjaan semakin mudah dikerjakan. Kemudahan seperti perhitungan barang, menjumlah nominal, sampai mengkalkulasi semua keuntungan dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan. Bahkan dari sisi khidupan keluarga tidak bisa dipungkiri akan perlunya sebuah perangkat komputer, baik untuk menunjang tugas pekerjaan di kantor atau bahkan untuk menyelesaikan pekerjaannya di rumah seperti design, video editing dan lain lagi. Bahkan anak-anak muda juga tidak mau ketinggalan memanfaatkan alat ini untuk skedar hiburan seperti bermain game baik secara offline maupun online. Oleh karena itu kebutuhan akan perangkat komputer bagi setiap orang berbeda-beda, tentunya disesuaikan dengan tingkat kepentingan di tiap-tiap pengguna. Maka kali ini Anda perlu mencari tahu kebutuhan apa aja yang Anda perlukan untuk merakit komputer yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda harapkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Hal tersebut tentu menuntut setiap produsen untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan teknologi modern seperti komputer. Tapi ada beberapa konsumen yang kadang masih belum puas dengan komputer yang sudah beredar di pasaran, sehingga beberapa orang akan lebih condong untuk merakit komputer dengan spesifikasi yang di harapkan dan tentutnya dengan harga yang lebih terjangaku. Mulai dari ada yang merakit untuk design/pemprogaman, sehingga orang akan mencari tahu spek yang mungkin jika di pasaran harganya akan menjadi mahal.  Dengan melakukan perakitan sendiri Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan pastinya mendapatkan kepuasan tersendiri. Untuk yang suka main game jpasti akan mencari spek yang tidak kalah luar biasanya, karena teknologi game yang semakin hari semakin modern dan pastinya akan membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih modern. Bahkan ada juga komputer yang hanya digunakan untuk sekedar menyelesaikan pekerjaan kantor seperti mengetik. Hal inilah yang perlu Anda perhatikan dalam merakit komputer, agar Anda merakit komputer yang tidak sesuai harapan dan bisa malah merugikan pada akhirnya malah tidak bisa dipergunakan sebagai mana sesuai fugsinya.

Ini tips memilih  9 perangkat yang tepat dan perlu Anda ketahui sebelum merakit komputer:

Cashing PC

Pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan casing PC yang akan menjadi komputer Anda. Saat memilih cashing Anda harus tahu merk, bahan dan juga ukurannya. Biasanya beda bahan akan menentukan perbedaan kegunaan dan kembali lagi pada harga yang ditawarkan. Untuk itu pastikan bertanya dulu ke penjual dari bahan yang di pakai sebab akan berpengaruh pada suhu dalam pc. Dalam pemilihan ukuran yang tepat agar bisa menopang semua komponen perangkat yang akan Anda rakit. Terlalu kecil cashing juga kadang tidak bisa memuat semua komponen, bahkan terlalu besarpun juga bisa jadi tidak berguna karena perangkat yang Anda rakit isi komponennya hanya sedikit.

Fan/ Kipas

Fan adalah pendingin yang fungsinya untuk meredam panas yang di hasilkan oleh tiap-tiap komponen, karena itu carilah fan yang putaran dan bahan yang kuat agar bisa mendinginkan perangkat sehingga semuanya bisa berjalan lebih stabil.

Motherboard

Motherboard adalah bagian penting dalam merakit komputer, karena berfungsi sebagai penghubung antara komponen hardware yang satu  dengan komponen yang lain. Anda harus bijak dalam memilih motherboard, untuk apa komputer yang akan anda gunakan. Karena motherboadr mempunyai banyak tipe dan fungsi yang tentunya berbeda-beda juga, baik untuk design, main game, pemprogaman atau hanya untuk sekedar mengetik.

merakit

Processor

Processor berperan seperti otak dari sebuah perangkat komputer, karena otak inilah komputer akan bisa berjalan dan memproses sebuah data dengan kecepatan yang di miliki sesuai dengan type kemampuan prosesornya. Sebab itu pilihkan prosesor yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa bekerja maksimal sesuai dengan harapan.

RAM

Adalah komponen untuk penampungan data, karena ram inilah data dalam komputer akan di transfer ke komponen-komponen lain. Dengan semakin besar RAM akan semakin mempengaruhi kepada kecepatan komputer itu sendiri dalam mentransfer data.

Sekarang ini banyak sekali teknologi RAM yang semakin hari semakin banyak pula bertebaran di pasaran. Oleh karena itu pilihkan RAM dengan teknologi terbaru dan dengak size terbesar sesuai kebutuhan.

Hardisk

Hardisk adalah komponen yang fungsinya untuk penyimpanan data, semua data akan tersimpan dengan rapi dan aman di dalam sebuah hardisk. Hardisk  juga mempunyai bayak tipenya di pasaran. Gunakan hardisk pada PC Anda sesuai dengan kebutuhan space file yang kira2 akan digunakan nantinya.

DVD player

Bagi beberapa orang masih ada yang masih memakai DVD player untuk menunjang pekerjaan di kantornya, karena ada beberapa instansi yang masih mentransfer data menggunakan kepingan DVD. Perlu Anda ketahui dengan menggunakan DVD, maka data yang Anda kirim tidak akan bisa di edit di dalam DVD. Jadi kemungkinan data yang akan di kirim masih asli sesuai yang di kirim.

Power suplay

Perangkat yang satu ini juga tak kalah penting, karena kestabilan komputer juga tergantung dengan seberapa besar dan stabilnya listrik yang akan di gunakan pada tiap tiap komponen dalam komputer.

VGA

VGA biasa disebut dengan video card atau kartu grafis yang fungsinya adalah untuk merubah data menjadi grafis pada layar monitor. Kegunaan dari VGA adalah agar menanpilan kejernihan gambar pada monitor, semakin tinggi resolusi pada VGA yang digunakan akan semakin bagus pula gambar yang di tampilkan di layar.