PASWWORD FILEminimizer

Anda yang sering memakai wifi sebagai fasilitas internet untuk mengaksesnya di rumah dan dikantor sering kali lupa password wifi yang akan digunakan, padahal Anda yang membuat password tersebut. Belum lagi ada kalanya ada rekan atau saudara yang ingin memakai wifi di tempat kita tapi berhubung kita jarang mengginggatnya akhirnya kita sendiri lupa. Atau juga ketika kita membeli perangkat baru seperti hp atau laptop baru yang notabene minta koneksi internet sebagai kebutuhan untuk update perangkat mau tidak mau kita harus memasukan password wifi ke perangkat tersebut.

Satu cara untuk membantu Anda mengingatnya dengan menyimpan semua password pada sebuah folder misalnya di folder handphone atau computer. Jadi jika sewaktu-waktu Anda lupa password, dengan mudah Anda bisa melihatnya pada folder tersebut.

Namun sebenarnya Anda bisa melihat password wifi yang pernah digunakan pada computer Anda yang tersimpan pada perangkat Windows 10. Saya akan memberikan tips bagaimana melihat password wifi yang tersimpan tersebut.

Melalui Control Panel

Klik Start Menu pilih All Program à klik Control Panel.  Selanjutnya pilih Open Network and Internet Settings klik Network and Sharing Centre.

Gambar 1

control panel windows 10 01 FILEminimizerGambar 2

control panel windows 10 02

Apabila tampilan Network and Sharing Center muncul, maka klik Koneksi Wifi yang saat ini sedang digunakkan.

Gambar 3

control panel windows 10 03 FILEminimizerPada menu Wi-Fi Status lakukan klik Wireless Properties.

Gambar 4

control panel windows 10 04 FILEminimizer

Pada menu dialog Wireless Network Properties pilih tab Security.  Setelah itu beri tanda centang di kotak Check Box Show Characters  dan akan muncul password wifi yang selama ini telah anda lupakan.

Gambar 5

control panel windows 10 05 FILEminimizer

Menggunakan Bantuan Command Prompt

Pertama buka Start Menu à pilih All Program à klik Accessories pada program Command Prompt à klik kanan pada Open With Administrator, agar Anda bisa mengakses Command Prompt sebagai administrator. Setelah Command Prompt telah terbuka, ketikkan Netsh Wlan Show Profiles  kemudian Anda tekan tombol enter pada keyboard. Setelah itu Command Prompt akan menampilkan semua nama SSID wifi yang selama ini pernah terkoneksi pada komputer Anda baik yang sekarang masih aktif atau yang sudah tidak aktif.

control panel windows 10 06 FILEminimizer

Apabila semua nama sudah bermunculan silahkan pilih nama SSID yang ingin di lihat passwordnya. Tentukan salah satu nama SSID yang passwordnya ingin di lihat, ketikkan kembali pada command prompt netsh wlan show profiles name=”nama SSID” key=clear dan setelah itu tekan tombol enter pada keyboard. Selanjutnya tekan enter Anda dapat melihat password wifi.

control panel windows 10 07 FILEminimizer