charger

Charger laptop rusak artinya hal yang sangat menyebalkan. Ini mungkin lebih membikin kesal ketimbang charger ponsel rusak. Pasalnya, harga charger laptop itu mahal dan sangat merepotkan. Apalagi, kalau charger laptop yang rusak adalah MacBook.

Maka dari itu, sebelum terlambat lebih baik pahami beberapa cara untuk mencegah charger laptop rusak. Simak di sini supaya Anda tidak harus membeli charger laptop baru dan menguras uang tabungan.

Raphikan kabel charger dengan benar

Asal-asalan menyimpan charger laptop mengakibatkan pada device laptop rusak. Apalagi, jikalau kabel dilipat seenaknya, bisa-bisa bagian dalamnya putus dan akan mengalami korsleting. Jangan malas merapikan kabel charger meskipun dalam keadaan terburu-buru. Cobalah merapikan kabel dulu dengan menggulung rapi, dan ikat menggunakan karet bawaan yang sudah disediakan. Hal ini mungkin sedikit merepotkan, tetapi tidak sebanding apabila charger rusak dan harus membeli device yang baru yang tentunya akan boros dan menghabiskan waktu.

Simpan charger didalam tas laptop

Tas laptop mampu membantu charger tetap aman dan dalam keadaan merapikan laptop. Pasalnya, tas laptop mempunyai ruang khusus untuk menyimpan kabel dan charger dari laptop. Jadi, kabel tidak akan terhimpit laptop yang notabene berat. Dengan menyimpan kabel di tempat khusus, akan membuat kabel laptop lebih panjang usia, begitu pula laptopmu. Menggabungkan penyimpanan laptop dengan kabelnya juga bisa merusak LCD mulai dari laptop. Kabel akan menekan layar laptop dan lama-kelamaan membuatnya pecah, sehingga sangat merugikan. Pilihlah tas laptop yang sesuai dengan ukuran laptopmu. Ada banyak tas laptop yang dijual murah di toko online, dan harganya lebih murah daripada harus membeli charge laptop baru.

Jangan overcharging

Sama ibarat perawatan pada ponsel, kabel pengisian daya laptop sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan. Apabila laptop telah terisi penuh, maka janga mengisi daya lagi. Bebaskan kabel laptop dengan segera dari laptop Anda.

Overcharging tidak hanya merusak kabel tetapi juga bisa merusak laptop. Lama kelamaan, baterai laptop akan menggembung. Kemungkinan yang lebih buruk laptop dapat terbakar, dan ini artinya kabar yang tak di inginkan. Agar tidak overcharging, sebaiknya perhatikan tatkala laptop sedang diisi daya. Kalau perlu,   pasang alarm pada handphone untuk mengingatkan jika aptop sedang di-charge.

Hindari menginjak-injak kabel

Ini kebiasaan buruk yang banyak dilakukan orang-orang, terutama mahasiswa yaitu membiarkan kabel laptop dibiarkan terinjak-injak. Lapisan kabel luar laptop memang didesain kuat dan tahan banting. Namun tahukah kamu bahwa lama-kelamaan, kabel ini dapat rusak juga?

Maka mulai dari itu, hindari kabel laptop mulai dari injakan-injakan, apalagi dengan sepatu yang tebal.   Segera gulung kabel laptop dan jangan dibiarkan begitu saja setelah selesai digunakan

Dengan melakukan perawatan-perawatan tersebut akan mengurangi kemungkinan charger laptop menjadi rusak.