bersantai 2 FILEminimizer

Banyak dari Anda tentunya bekerja keras untuk mencapai sebuah karier yang sukses. Anda pun telah menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah, dan kemudian mendapatkan sebuah pekerjaan dengan gaji yang besar, yang menurut Anda akan memberikan kehidupan yang nyaman. Namun sesekali Anda pernah menyadari rasanya apa yang dilakukan dalam kehidupan ini hanayalah bekerja dan lupa bagaimana cara menikmati hidup dengan bersantai dalam sesekali waktu.

Memang sebagai seorang manusia memiliki sifat ambisus sebuah impian untuk hidupnya yang tentunya didukung dengan keuangan yang baik dan untuk mendapatkan itu semua dibutuhkan sebuah kerja keras. Tidak ada yang salah dengan menjadi ambisius dan berusaha mendapatkan kehidupan yang nyaman. Masalah yang banyak terjadi adalah banyak orang yang tidak menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang baik dari apa yang sudah dimiliki. Anda tahu cara bekerja, tetapi tidak tahu bagaimana cara bersantai dan menikmati hidup atas apa yang sudah Anda miliki.

Dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana Anda dapat bersantai dengan beberapa kegiatan sederhana dan menyenangkan, sehingga Anda dapat menemukan lebih banyak kedamaian dan keseimbangan dalam kehidupan.

Kenapa Harus Anda Santai?

Dengan bersantai Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman, dan kurang stres. Pakar kesehatan sering kali mengingatkan kepada Anda bahwa bekerja terlalu keras dapat dengan mudah meningkatkan stress dan kesehatan pada tubuh pun terganggu.

Contoh bersantai yaitu melakukan relaksasi yang memiliki dampak signifikan meningkatkan kesehatan pada tubuh. Beberapa manfaatnya adalah menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi masalah pencernaan, dan banyak lagi. Relaksasi juga dapat membantu Anda berpikir lebih jernih, yang mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik dan peningkatan memori.

Secara keseluruhan, kualitas hidup Anda akan jauh lebih baik. Seperti secara fisik, mental, dan emosional akan lebih baik. Sepanjang hidup Anda akan menyadari bahwa pentingnya menikmati kehidupan untuk menjaga kesehatan, yang artinya hidup akan lebih lama, lebih sehat, dan lebih bahagia.

Cara Bersantai Menikmati Apa Yang Anda Miliki

Sebagian besar cara bersantai untuk menikmati hidup dibawah ini berkisar bagaimana melakukan lebih sedikit aktifitas bekerja, atau mengalihkan perhatian pada hal-hal yang lebih menyenangkan. Cara ini akan membantu memperlambat pikiran Anda dan memberikan tubuh istirahat dari hal-hal dapat menyebabkan stress.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memiliki beberapa manfaat, seperti membantu Anda rileks secara fisik dan mental. Air hangat akan melemaskan otot-otot tubuh dan menghilangkan ketegangan dan rasa sakit.

Selain itu, lingkungan yang tenang akan membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati. Mandi dengan air hangat adalah cara bersantai dengan relaksasi fisik dan mental, yang akan membantu tubuh tidur lebih baik, yang mengurangi stres dan kecemasan.

Melakukan Hobi

Melakukan aktifitas sesuai hobi adalah hal yang menyenangkan sebagai cara bersantai menikmati hidup. Contohnya dengan melakukan kegiatan kegiatan pasif, seperti menonton televisi, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Hal penting tentang memilih hobi adalah melakukan sesuatu yang Anda sukai. Ini akan membantu Anda mengalihkan perhatian dari hal-hal yang bisa menyebabkan stress, dan memberikan perhatian Anda pada hal-hal yang membuat bahagia.

Selain itu cobalah jangan menghawatirkan pekerjaan saat bersantai karena pekerjaan hanyalah satu aspek dalam kehidupan Anda. Ingatlah kembali tujuan dari bersantai ini adalah untuk memberi Anda hal-hal yang di butuhkan untuk bertahan hidup dan memberikan kepuasan.

Melakukan ritual pengantar tidur

Sebelum tidur malam adalah waktu yang ideal untuk beristirahat dan melepas lelah. Ini adalah waktu untu memenuhi kebutuhan pribadi Anda, waktu untuk beristirahat setelah hari yang sibuk. Lakukanlah ritual pengantar tidur seperti membaca buku atau minum teh hangat yang akan membuat pikiran menjadi rileks dan mendapatkan tidur lebih berkualitas

Berikut adalah contoh ritual sebelum tidur untuk melepas lelah, seperti mematikan lampu dan menyalakan lilin. Naiklah ke tempat tidur dan rasakan seprai dingin di tubuh Anda. Saat Anda duduk di sana, tarik napas panjang beberapa kali untuk mulai menenangkan pikiran. Bacalah beberapa bagian dari sebuah buku yang menginspirasi, dan luangkan beberapa saat untuk menikmati keindahan cerita pada buku bacaan. Setelahnya Anda bisa matikan lampu dan bersiap  untuk tidur dengan tempat tidur yang nyaman.

bersantai FILEminimizer

Melakukan istirahat di kamar mandi

Tahukah Anda jika melakukan istirahat di kamar mandi dapat membantu tubuh Anda rileks. Mungkin sebagian dari Anda merasa aneh, tetapi cobalah sejenak diam dan duduk di kamar mandi sebelum mandi. Karena kamar mandi adalah tempat Anda melakukan aktifitas dengan udara air yang mengalir akan memberikan relaksasi ke tubuh. De menutup pintu kamar mandi di belakang Anda, spertinya Anda dapat menutup dunia hanya beberapa menit.

Melakukan aktifitas jalan kaki

Seperti hal istirahat di kamar mandi, pergi keluar melakukan aktifitas jalan kaki seperti ke taman dekat rumah, bisa menjauhkan Anda dari dunia yang sibuk dalam beberapa menit. Udara segar dan perubahan pemandangan dapat membantu menjernihkan pikiran dan melihat bagian lain dari dunia yang membuat Anda berfikir hal lain diluar pekerjaan.

Mulailah bersantai pergi ke luar dengan mencium udara segar, dengarkan nyanyian burung-burung, kagumi keindahan pepohonan dan bunga-bunga, dan serahkan semuanya kepada alam.

Menghabiskan waktu dengan orang tercinta

Keluarga dan teman-teman di sekitar Anda tentu telah memberi banyak warna dalam kehidupan. Menghabiskan waktu bersama mereka membantu Anda untuk lebih bersantai menikmati kehidupan keluarga, terutama setelah seharian sibuk bekerja.

Saat menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, penting untuk memastikan bahwa Anda akan selalu hadir dan ada. Jangan biarkan pekerjaan Anda atau masalah kehidupan mendominasi perhatian Anda untuk tidak bersamanya. Sungguh menyedihkan ketika Anda bersama orang yang dicintai tetapi pikirannya berada di tempat lain. Ini hanya akan menciptakan Anda lebih banyak stres dan konflik dalam keluarga.

Melakukan liburan

Salah satu cara terbaik untuk beristirahat dan melepas lelah adalah dengan berlibur, setidaknya selama satu atau dua minggu. Aspek lain dari liburan yang baik adalah Anda pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Karena lingkungan yang tidak dikenal memaksa pikiran Anda untuk berada di saat ini, yang dapat membuatnya lebih bersantai.

Di sisi lain, jika Anda memiliki tempat yang benar-benar disukai dan memiliki waktu untuk bersantai maka pergilah kesana. Yang penting adalah Anda bisa melupakan pekerjaan selama beberapa hari. Kemudian cobalah untuk matikan telepon Anda dan simpan sebagian besar waktu Anda berlibur. Memang diawal sangatlah sulit bagi banyak orang untuk menjauhkan perangkat seluler saat berlibur tapi pelan-pelan Anda akan merasakan kenikmatan hidup tanpa panggilan masuk untuk Anda.

Dan yang tak kalah pentingnya, pastikan Anda bersantai saat Anda sedang berlibur. Jangan menjadwalkan banyak kegiatan yang akan membuat Anda sibuk sepanjang liburan. Jadwalkan dalam waktu tenang untuk beristirahat dan bersantai.

Mencoba Meditasi

Meditasi adalah alat yang ampuh untuk membantu tubuh rileks. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa hanya 15 menit meditasi setara dengan liburan satu hari dalam membantu Anda bersantai.

Yang perlu Anda lakukan saat meditasi hanyalah duduk diam selama beberapa menit dan mengikuti napas tubuh. Anda tidak harus melakukannya dengan sempurna, dan tidak harus bermeditasi lama untuk mendapatkan manfaatnya.

Ada banyak sumber untuk belajar meditasi seperti: buku, CD, dan artikel. Temukan sumber yang benar-benar mengajarkan teknik yang sesuai untuk Anda.

Dalam perjalanan menuju karier yang sukses, kebanyakan dari Anda tidak pernah diajari cara rileks dan santai. Yang sering kita pelajari adalah semua tentang bidang studi bagaimana menjadi sukses dalam karier, tetapi jarang kita diajarkan bagaimana menjadi sukses dalam kehidupan.

Kehidupan yang sukses terdiri dari keseimbangan kehidupan kerja yang baik. Sangat penting untuk bekerja keras pada sesuatu yang kita sukai dan dapat bersantai untuk tidak membiarkan pekerjaan menghabiskan seluruh kehidupan Anda. Anda perlu belajar bagaimana menikmati hidup yang diberikan Tuhan di sepanjang jalan. Jika tidak, lalu apa gunanya bekerja keras?

Jika Anda ingin lebih seimbang dalam hidup, maka jadikan relaksasi sebagai bagian dari rutinitas di kehidupan Anda. Tentu saja implikasinya Anda akan merasa lebih baik dan lebih produktif untuk mendapatkan lebih banyak kepuasan dari pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda.